Rabu, 25 Juni 2014

Sabun: Kotoran Yang Dipakai Buat Bersih-bersih

Keadaan yang serba kotor yang dijumpai dalam pembuatan sabun bertentangan sekali dengan penggunaannya sebagai pembersih yang tiada bandingnya untuk hampir segala hal setidaknya sejak duaribu tahun terakhir. pembuatannya tak pernah sulit, bahan-bahan dasarnya murah dan mudah di dapat, yaitu lemak dan abu kayu. kadang-kadang orang juga menggunakan kapur.
Kita dapat membuatnya dengan cara seperti yang dilakukan oleh orang romawi: batu kapur dipanaskan untuk menghasilkan kapur. kapur yang basah ditaburkan keatas abu kayu yang masih panas kemudian diaduk sampai rata. selanjutnya dengan sebuah sekop orang menyendok bubur kelabu yang dihasilkan kedalam sebuah bejana berisi air panas dan mendidihkannya dengan tambahan beberapa potong lemak domba selama beberapa jam. ketika lapisan buih berwarna cokelat kotor yang tebal terbentuk dipermukaannya, dan menjadi keras setelah dingin, mereka memotong-motong lapisan keras tadi, itulah sabun kita.
Saman sekarang, setiap sabun dibuat melalui reaksi antara lemak dengan bahan yang disebut alkali basa yang sangat kuat. sebagai ganti lemak kambing, sabun masa kini terbuat dari bermacam-macam lemak termasuk lemak daging sapi, dan anak domba, juga minyak kelapa, minyak biji kapas, dan minyak zaitun.alkali yang digunakan adalah bahan yang disebut Iye (soda api atau natrium hidroksida). kapur juga alkali yang mudah didapat, sedangkan abu kayu kadang-kadang masih dipakai meski hanya sedikit karena bahan ini mengandung kalium karbonat yang bersifat basa.
Karena dibuat melalui pencampuran sebuah senyawa organik dengan senyawa anorganik, molekul sabun mempunyai sebuah kaki organik yang senang bergandengan dengan bahan-bahan organik berminyak, dan sebuah kaki anorganik yang senang bergandengan dengan air. itu sebabnya sabun mempunyai kemampuan tiada banding dalam menarik kotoran berminyak dari tubuh atau pakaian ke dalam air.

0 komentar:

Posting Komentar