Manajemen Berbasis Sekolah



Pembagian Materi Perkuliahan Manajemen Berbasis Sekolah:

Unit 1: Pembelajaran PAKEM/Kontekstual. Unit ini memperkenalkan pembelajaran kontekstual kepada mahasiswa. Tujuannya adalah untuk mendorong mereka memikirkan bagaimana caranya mendukung pelaksanaan pembelajaran kontekstual untuk meningkatan mutu pendidikan.

Unit 2: Manajemen Berbasis Sekolah. Unit ini mengeksplorasi pemahaman dan ciri-ciri manajemen berbasis sekolah melalui pengalaman peserta dan tayangan video tentang implementasi MBS yang bagus di beberapa sekolah.

Unit 3: Manfaat, Jenis dan Cara Mendorong Peranserta Masyarakat. Dosen memberikan contoh beberapa kegiatan yang dilakukan oleh komite dan orangtua untuk mendukung manajemen dan pembelajaran di sekolah.

Unit 4: Kreativitas Menghimpun Berbagai Sumberdaya dan Dana. Dosen memberikan contoh untuk mengembangkan pola berpikir yang berbeda dalam menghimpun sumberdaya dan dana untuk kepentingan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.


Unit 5: Transparansi dan Akuntabilitas Publik. Unit ini memberikan model bagaimana keterbukaan dan akuntabilitas serta cara melaksanakannya.

Unit  6:  Rencana  Kerja  Sekolah.  Unit  membahas  pentingnya  sebuah  rencana  kerja sekolah yang dimulai dari dari evaluasi diri sekolah hingga perumusan tantangan, tujuan dan akhirnya rencana program sekolah selama empat tahun.

Unit 7: Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah  (RKAS).  Unit  ini  mengajak  peserta  untuk  mengidentifikasi  program  yang menunjang peningkatan mutu pembelajaran yang akan  dilaksanakan dalam  satu  tahun. Selain itu, unit ini peserta akan  mengidentifikasi  sumber dana untuk  membiayai  program/kegiatan dalam satu tahun serta menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

0 komentar:

Posting Komentar