Pembagian Materi Perkuliahan Manajemen Berbasis Sekolah:
Unit 1: Pembelajaran PAKEM/Kontekstual. Unit ini memperkenalkan pembelajaran
kontekstual kepada mahasiswa. Tujuannya adalah untuk mendorong mereka memikirkan
bagaimana caranya mendukung pelaksanaan
pembelajaran kontekstual untuk
meningkatan mutu pendidikan.
Unit 2: Manajemen Berbasis Sekolah. Unit ini mengeksplorasi
pemahaman dan ciri-ciri
manajemen berbasis sekolah melalui pengalaman
peserta dan tayangan video tentang implementasi
MBS
yang bagus di beberapa sekolah.
Unit 3: Manfaat, Jenis dan Cara
Mendorong Peranserta Masyarakat. Dosen memberikan contoh beberapa kegiatan yang dilakukan
oleh komite dan orangtua untuk
mendukung manajemen dan
pembelajaran di sekolah.
Unit 4: Kreativitas Menghimpun Berbagai Sumberdaya dan Dana. Dosen memberikan contoh untuk mengembangkan pola
berpikir yang berbeda dalam menghimpun
sumberdaya dan dana untuk kepentingan sekolah dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran.
Unit 5: Transparansi dan Akuntabilitas Publik. Unit ini memberikan model bagaimana
keterbukaan dan akuntabilitas serta cara melaksanakannya.
Unit 6: Rencana Kerja
Sekolah.
Unit membahas pentingnya
sebuah
rencana
kerja
sekolah yang dimulai dari
dari evaluasi diri
sekolah hingga perumusan tantangan, tujuan dan akhirnya rencana program sekolah selama empat tahun.
Unit 7: Rencana Kerja
Tahunan (RKT) dan Rencana
Kegiatan
dan Anggaran Sekolah
(RKAS). Unit ini mengajak peserta untuk
mengidentifikasi
program
yang menunjang peningkatan mutu pembelajaran yang akan
dilaksanakan dalam satu
tahun. Selain itu, unit
ini peserta akan mengidentifikasi
sumber dana untuk
membiayai program/kegiatan dalam satu
tahun serta menyusun
Rencana Kegiatan
dan Anggaran Sekolah (RKAS).
0 komentar:
Posting Komentar