Seminar Nasional Fisika

Seminar Nasional Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar.

Seminar Nasional Fisika

Seminar Nasional Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar

Penarikan Mahasiswa PPL

Kegiatan Penarikan Mahasiswa PPL FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar di SMAN 1 Polut Kabupaten Takalar

KKN-PPM Universitas Muhammadiyah Makassar

Foto Bersama Peserta Kegiatan KKN-PPM Universitas Muhammadiyah Makassar di Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep

Kegiatan Momentum Fisika Unismuh

Foto Wawancara dengan Stasiun Televisi TVRI Sulawesi Selatan Tentang Pelaksanaan Kegiatan Momentum Fisika Unismuh

Selasa, 21 April 2020

Menumbuhkan semangat Literasi Sains dalam pendidikan

Kegiatan bincang materi yang difasilitasi oleh komunitas Teman Baca Universitas Pendidikan Indonesia, kali ini membicarakan tentang literasi sains dalam pendidikan di Indonesia khususnya. Megapa literasi sains ini penting, salah satu yang memicu pentingnya literasi sains bagi siswa yakni rendahnya peringkat indonesia dalam hal mata pelajaran IPA dan matematika melalui Programme for International Student Assesment (PISA) dan Trend of International on Mathematics and Science Study (TIMMS) yang digunakan sebagai assesmen internasional untuk memotret kemampuan anak dalam bidang matematika dan IPA. sehingga dibutuhkan konsep atau strategi bagaimana menumbuhkan lliterasi sains bagi anak di sekolah. 
Literacy adalah melek, berfikir kritis, peka terhadap lingkungan sekitar. sciencia (latin) adalah ilmu pengetahuan. jadi Literasi Sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasikan pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam dan perubahan yang dilakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia (PISA, 2000). 
Bagaimana karakteristik literasi sains, yaitu menggunakan konsep sains, teknologi, dan etika dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang bertangungjawab dalam kehidupan sehari-hari. Mempertangungjawabkan secara personal dan sosial terhadap pilihan yang diambil serta akibatnya. Mempertahankan keputusan dan tindakan menggunakan argumen yang rasional berdasarkan bukti. Melakukan sains dan teknologi untuk kesenangan dan menjelaskannya. dan Memperlihatkan keingintahuan dan apresiasi  terhadap alam semesta dan lingkungan buatan manusia.
adapun bentuk dimensi literasi sains yaitu pertama dimensi proses mencakup mengenal pertanyaan ilmiah, yaitu pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah. Mengidentifikasi bukti yang diperlukan dalam penyelidikan ilmiah. Menarik dan mengevaluasi kesimpulan. Mengkomunikasikan kesimpulan yang valid. dan Mendemonstrasikan pemahaman terhadap konsep-konsep sains. Kedua dimensi konten mencakup Struktur dan sifat materi. Perubahan atmosfer. Perubahan fisis dan perubahan kimia
Transformasi energi. Gaya dan gerak. Bentuk dan fungsi. Biologi manusia. Perubahan fisiologi. Biodiversitas. Pengendalian genetik. Ekosistem. Bumi dan tempatnya di alam semesta. Perubahan geologis. Ketiga dimensi konteks mencakup Kehidupan dan kesehatan. Bumi dan lingkungan dan Teknologi.


Selasa, 09 Mei 2017

Moderator Seminar Nasional Fisika

Makassar, Aula Kedokteran Unismuh Makassar 9 Mei 2017. Menjalankan tugas yang diamanahkan yakni sebagai moderator pada acara seminar nasional pendidikan fisika oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. pembicara utama Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd adalah Guru Besar Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang yang membawakan materi tentang Pembelajaran Literasi Sains menyongsong Generasi Emas Tahun 20145. Pembicara lainnya adalah Dr. Khaeruddin, M.Pd. yang membawakan Materi Pembelajaran Abad 21. dan pembicara berikutnya adalah Ishaq,S.Pd.,M.Pd. yang membawakan materi Pembelajaran bagi Generasi Z. 






Kamis, 04 Mei 2017

Teknik-teknik Mengajar Masa Kini


















Kamis, 23 Maret 2017

Pemateri Diklat Ilmiah LKIM Pena Unismuh Makassar

Makassar. 10-13 Februari 2017. Kegiatan Diklat Ilmiah Lembaga LKIM PENA Universitas Muhammadiyah Makassar ke XI. adapun materi yang saya bawakan adalah Penelitian Kuantitatif dalam mempersiapkan jiwa-jiwa peneliti yang kompetitif, unggul, dan kreatif. sehingga mampu bersaing dengan mahasiswa dari seluruh Indonesia dalam bidang karya ilmiah. bekal inilah yang harus diberikan kepada anggota-anggota baru LKIM PENA.




Selasa, 24 Januari 2017

International Seminar ISQAE


The Fifth ISQAE UTY 2016. International Seminar on Quality and Affordable Education. Kegiatan ini kerjasama dari beberapa perguruan tinggi baik di Indonesia maupun dari beberapa negara lain, antara lain Universitas Teknologi Yogyakarta (Indonesia), Universitas Negeri Jakarta (Indonesia), University of Malaya (Malaysia), Universiti Teknologi Malaysia (Malaysia), Universitas Negeri Manado (Indonesia), Universitas Muhammadiyah Makassar (Indonesia), dan The University of Auckland New Zealand.



Workshop Revitalisasi Kurikulum Prodi Fisika

Workshop Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar adalah untuk menghasilkan rumusan capaian pembelajaran (learning outcomes) lulusan dari programstudi strata 1 (sarjana pendidikan), yang mengacu pada deskripsi KKNI dan memenuhi standar pendidikan guru dalam bentuk dokumen kurikulum/spesifikasi prodi. serta, Dokumen kurikulum/spesifikasi prodi memuat profil lulusan, kompetensi lulusan, elemen kompetensi, matriks kompetensi dan bahan kajian, penetapan sks, dan struktur kurikulum. disamping itu juga diharapkan tersedianya perangkat pendukung kurikulum dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS)matakuliah



Kuliah Lapang IPBA

Kuliah Lapang Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) di Kabupaten Soppeng. Kegiatan ini untuk melihat dan melakukan pengamatan, observasi dan mengidentifikasi beberapa jenis batuan yang ada di daerah tersebut dan memberikan analisis pengelompokan berdasarkan jenis, struktur, dan bentuknya.